Selamat datang di http://glandisepa.blogspot.com , semoga bermanfaat :)

Kamis, 06 November 2014

REVITALISASI BALAI YASA SJS SEMARANG (Kotak Apung Artspace di Semarang)

    KOTAK APUNG ARTSPACE adalah judul yang kami pilih dalam salah satu sayembara yang di adakan oleh BINUS. 

    Dengan menemukan kata kunci yaitu fungsi,komunitas,sosial,ekonomi. Kami mendapat ide untuk merefungsi kembali salah satu bangunan tua yang mangkrak di kota lama Semarang. Setelah kami telusuri bangunan tersebut bekas kantor SJS yang sangat hidup dijamannya. Kebetulan kami lihat potensi  di lokasi sangat cocok untuk artspace yang unik. Bangunan tersebut ternyata selain mangkrak juga terendam air rob sedalam 1 meter. 
  
  Mengapa jadi potensi? Air rob yang begitu melimpah hingga bangunan ini pantas disebut kotak (bentuk massa bangunan) yang mengapung. Muncullah judul KOTAK APUNG ini. Kemudian untuk merespon kata kunci yang kami temukan. 

    Kami memFUNGSIkan kembali bekas kantor SJS yang mangkrak dan mendaur ulang barang bekas (kontainer) sebagai pondasi fasilitas artspace. Kemudian memilih komunitas Jazz Ngisoringin sebagai komunitas yang akan mengaktifkan artspace dengan karya mereka. Perlu diketahui komunitas ini telah banyak menyumbangkan karya di Semarang dan anggotanyapun beragam dari anak muda hingga kakek nenek ikut andil di dalamnya. Jadi tidak salah jika kami memilih komunitas Jazz Ngisoringin sebagai salah satu nyawa di artspace. Selain itu untuk menciptakan ekonomi dan sosial, kami mewadahi pedagang liar yang berjualan di sekitar bangunan untuk berjualan dagangannya di dalam artspace ini. 


   Dengan pemikiran tersebut jadilah panel karya di bawah ini... walau belum beruntung memenangkan sayembara, namun kami cukup bangga dapat ikut andil membantu pemkot Semarang dalam rangka menciptakan kota wisata di Kota Lama..



thanks a lot for my best tim ever..vero dan ago!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar